Politeknik Negeri Padang : Ayo Wirausaha!

Politeknik Negeri Padang : Ayo Wirausaha!

 

 

Jakarta, Makronesia.id – Tema tentang wirausaha dipilih oleh Politeknik Negeri Padang, dalam satu program diskusi tahunan yang di gelar pada Sabtu, (4/3).

Ketua panitia, Wiwik Andriani menyampaikan kegiatan ini wajib digelar oleh Perguruan tinggi di Indonesia. Menurutnya, program-program sejenis diharapkan melahirkan banyak wiraushawan muda dari sejumlah kampus di Padang dan Sumatera Barat. Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini sekitar 400 orang dalam format offline dan online bagi (PSDKU: Program Studi Di Luar Kampus Utama). “ Melalui paparan dari narasumber harapannya selanjutnya akan banyak melahirkan judul-judul kreativitas dalam berwirausaha bagi mahasiswa ucapnya.

Wadir 3 PNP Nasrullah, S.T.,M.T hadir dalam kegiatan tersebut, menyebutkan pemerintah saat ini gencar menjalankan program inkubasi wirausaha di seluruh pelosok Indonesia, usai para mahasiswa lulus dari perguruan tinggi. “Mahasiswa harusnya semakin bersemangat dalam berkarya,” ucapnya. Maka menurutnya, selain ijazah, setiap mahasiswa perguruan tinggi, memiliki keterampilan berwirausaha serta sukses mengembangkan usahanya masing-masing. Ia juga menyebutkan, Kementerian Pendidikan proaktif, mengucurkan dana sedikitnya Rp.2.4 M untuk kompetensi program sertifikasi, program kreativitas mahasiswa vokasi, dan perbedayaan masyarakat untuk seluruh program perguruan tinggi.
Kegiatan tahunan berupa kuliah umum ini bertujuan memotivasi adik-adik mahasiswa untuk dapat lebih berkreatifitas dan semangat berwirausaha. Dalam wirausaha di lingkungan PNP memberikan 140 Juta kepada mahasiswa yang lolos seleksi dalam mengembangkan ide wirausaha.

Pembicara pertama Prof. Dr. Ir. James Hellyward, M.S., IPU ASEAN Eng menyebutkan orang yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan. Memulai itu susah dan jangan berputus asa.

Pembicara kedua Dr. Surfa Yondri, S.T.,S.ST., M.Kom membicarakan tentang mindset dalam berwirausaha, sehingga itu adalah strategi dalam berwirusaha seperti jujur, tangguh, berani bertanggung jawab, dan lainnya akan menjadi nilai-nilai dalam berkarakter berwirausaha.

Sedangkan pembicara terakhir Azhari Rahmat menyebutkan bahwa semua punya kesempatan melalui mindset dan pengetahuan melalui bisnis yang dimulai.
Akhir dari stadium general yang dilakukan ini adalah pemaparan persiapan dalam proposal buat mahasiswa dan semoga mendapatkan ide-ide yang brilian dalam beriwirausaha nantinya.(AND/BA)

Sumber: https://www.makronesia.id/politeknik-negeri-padang-ayo-wirausaha/